Doa Tahun Berhikmat Keuskupan Agung Jakarta

0
2384

Didaraskan Januari-April 2019

Allah Bapa yang penuh kasih, kami bersyukur atas rahmat persatuan dan kesatuan yang menjadi kekuatan bagi bangsa kami Indonesia. Kami bersyukur atas rahmat keberagaman suku, agama, ras, budaya dan partai politik. Kami bersyukur, walaupun kami berbeda-beda, tetapi tetap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tuhan Yesus, Gembala baik dan murah hati, Engkau mengajarkan kepada kami agar kami tinggal dalam Kasih-Mu dan mengasihi sesama seperti diri sendiri. Dalam perutusan di tengah keberagaman, terkadang kami mengalami beda pemahaman agama dan beda pilihan politik. Apabila saat tahun elektoral dan pesta demokrasi, Kami mohon rahmat kebijaksanaan dan ketulusan hati dalam menggunakan hak memilih pemimpin yang berhikmat. Bawalah kami menuju kedamaian di tengah hiruk pikuk perbedaan. Semoga kami dapat menjalin persaudaraan sebagai sesama anak bangsa dan menjadi pembawa damai sejahtera untuk kehidupan bersama yang lebih baik.

Roh Kudus, bila kami mengalami perbedaan pendapat, entah itu dalam hidup menggereja, bermasyarakat dan bernegara, kami mohon rahmat untuk berhikmat dan mengedapankan musyawarah untuk mufakat.

Kami mohon kepada-Mu rahmat kehendak bebas untuk mewartakan dengan semangat: Kita berhikmat, Bangsa Bermartabat dalam naungan dasar negara:PANCASILA

Buda Maria, Bunda Segala Bangsa, Bunda Segala Suku, Doakanlah Bangsa kami, Indonesia tercinta.

Salam Maria 1X

avatar
Lahir di desa Dahana Hiligodu, Kecamatan Namöhalu, Nias Utara, pada tanggal 31 Desember. Anak kedua dari lima bersaudara. Pada tahun 2016, menyelesaikan kuliah Jurusan Ilmu Pendidikan Teologi di Universitas Katolik Atma Jaya-Jakarta. Pernah menulis buku bersama Bernadus Barat Daya berjudul “MENGENAL TOKOH KATOLIK INDONESIA: Dari Pejuang Kemerdekaan, Pahlawan Nasional Hingga Pejabat Negara” (2017), Menulis buku berjudul "MENGENAL BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL SUKU NIAS" (2018). Saat ini menjadi Wartawan komodopos.com (2018-sekarang) dan mengajar di salah satu sekolah (2019-sekarang). Penulis dapat dihubungi melalui email: detianus.634@gmail.com atau melalui Facebook: Silvester Detianus Gea.

Kolom Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here