Marilah, Kamu akan Melihatnya — Renungan Harian

0
290
Gambar ilustrasi oleh Gellinger / Pixabay

Marilah, Kamu akan Melihatnya: Renungan Harian Katolik, Jumat 4 Januari 2019 — JalaPress.com; Injil: Yoh. 1:35-42

Bacaan Injil sebelum hari pembaptisan Tuhan, sering mengisahkan lagi tentang peran Yohanes Pembaptis. Sebab ketika Yesus dibaptis, saat itu Yohanes mundur dan Yesus maju dan memulai karya-Nya di depan umum. Dalam Injil hari ini, setelah Yohanes menunjuk kapada Yesus, “Lihatlah Anak Domba Allah”, maka dua orang muridnya itu meninggalkan dia dan mau mengikuti Yesus.

Pertanyaan mereka kepada Yesus: “Guru di manakah Engkau tinggal?” Menarik jawaban Yesus. Yesus tidak menjawab, “Saya tinggal di Nazareth”. Atau “Saya berasal dari Nazareth”. Jika jawaban demikian, bisa jadi reaksi dua murid itu, “O… saya tahu Nazareth, saya sering ke sana, atau saya ada keluarga di sana, apakah kenal mereka?” dst…. Sebagaimana biasanya kalau kita berkenalan dengan orang baru. Kalau demikian terjadi, maka proses panggilan tidak terjadi di sana.

Tetapi Jawaban Yesus begitu menarik, “Marilah, kamu akan melihatnya”. Jawaban itu mengajak sekaligus menarik mereka, dan membuat mereka penasaran, ingin tahu lebih dalam dan lanjut, di mana Yesus tinggal dan siapakah Dia. Sehingga dua murid tadi terus mengikuti Yesus.

Dalam kisah itu selanjutnya, tidak disebutkan nama tempat itu, di mana Yesus tinggal. Pertanyaan mereka mengenai tempat Yesus tinggal, tidak terjawab. Artinya apa? Panggilan itu bukan untuk menuju ke suatu tempat tetepi menuju ke suatu pribadi yaitu Yesus sendiri. Bukan tinggal di suatu tempat tetapi tinggal dalam pribadi seseorang, yaitu Kristus. Datang dan tinggal dalam Kristus.

Bagi kita, panggilan yang paling hakiki adalah untuk datang dan tinggal dalam Kristus. Sedangkan untuk mereka yang panggilan khusus, panggilan Yesus bukan supaya tinggal di daerah tertentu, di tempat bagus, ke luar negeri tetapi untuk tinggal dalam Kristus dan menghasilkan buah dalam hidup dan pelayanan. Tempat itu tidak penting. Yang terpenting adalah tinggal dalam pribadi Yesus dan menghasilkan buah di mana saja berkarya. Tuhan memberkati kita.

avatar
Anggota Kongregasi Sang Penebus Mahakudus (bahasa Latin: Congregatio Sanctissimi Redemptoris – C.Ss.R). Saat ini berkarya di Sumba, NTT.

Kolom Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here