Mgr. Adrianus Sunarko, OFM Diangkat Menjadi Profesor Teologi

0
606

Gereja Katolik Indonesia turut bergembira atas pengangkatan Mgr. Adrianus Sunarko, Lic. Theol sebagai Profesor dalam bidang Ilmu Teologi. Seperti diketahui, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti) melalui Surat Penetapan Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen nomor 49862/A2.3/KP/2018 yang dikeluarkan pada tanggal 1 November 2018 menyatakan bahwa Mgr. Adrianus Sunarko, Lic. Theol telah memenuhi syarat untuk diberikan kenaikan jabatan. Doktor lulusan S3 dari Universitas Albert Ludwig, Freiburg, Jerman tersebut memperoleh angka kredit sebesar 851,50 dari 850 yang disyaratkan dengan unit kerja Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta.

Jabatan Profesor diperoleh setelah dosen melalui tahap pencapaian angka kredit yang ditentukan sesuai nilai kum yang diperoleh secara berjenjang dari jabatan funsional akademik Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala dan Profesor/Guru Besar dengan nilai kum minimal 850. Keputusan Kemenristek-Dikti tersebut ditanda-tangani oleh Mohamad Nasir selaku Menristek Dikti. Adapun penetapan jabatan profesor itu berlaku mulai 1 September 2018.

Mgr. Adrianus Sunarko, Lic. Theol adalah Uskup Pangkal Pinang yang baru diangkat oleh Takhta Suci pada tanggal 28 Juni 2017. Pria kelahiran Merauke, Papua pada tanggal 7 Desember 1966 merupakan Uskup ketiga yang memperoleh gelar Profesor setelah Mgr. Prof. Dr. Ignatius Suharyo Hardjoatmojo, Pr dan Mgr. Prof. Dr. Hendrikus Pidyarto Gunawan, O. Carm.

Editor: Silvester Detianus Gea

avatar
Lahir di desa Dahana Hiligodu, Kecamatan Namöhalu, Nias Utara, pada tanggal 31 Desember. Anak kedua dari lima bersaudara. Pada tahun 2016, menyelesaikan kuliah Jurusan Ilmu Pendidikan Teologi di Universitas Katolik Atma Jaya-Jakarta. Pernah menulis buku bersama Bernadus Barat Daya berjudul “MENGENAL TOKOH KATOLIK INDONESIA: Dari Pejuang Kemerdekaan, Pahlawan Nasional Hingga Pejabat Negara” (2017), Menulis buku berjudul "MENGENAL BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL SUKU NIAS" (2018). Saat ini menjadi Wartawan komodopos.com (2018-sekarang), kontributor website Media Dialogika Indonesia (Madilog.id), kontributor website Societasnews.id, Author JalaPress.com, dan mengajar di salah satu sekolah (2019-sekarang). Penulis dapat dihubungi melalui email: detianus.634@gmail.com atau melalui Facebook: Silvester Detianus Gea. Akun Kompasiana: https://www.kompasiana.com/silvesterdetianusgea8289