Zona Misteri Perkawinan: Tuhan Memiliki Rencana bagi setiap Pasangan

1
963

Perkawinan kadang terasa menggetarkan tetapi juga menegangkan, menarik tetapi juga menakutkan, bermakna tapi bisa juga hambar, menghadirkan tawa tetapi juga mendatangkan tangisan. Ada banyak hal yang melampaui kemampuan akal manusia.

Inilah zona misteri Perkawinan. Ada kalanya pasangan sulit saling memahami; dulu begitu cinta tiba-tiba bermusuhan, masalah terjadi begitu saja tanpa pernah dibayangkan, kadang apa yang tidak diinginkan tiba-tiba hadir di depan mata. Tiba tiba muncul pertanyaan dan penasaran yang aneh, muncul rasa bosan tanpa sebab dan sebagainya.

Zona misteri ini adalah wilayah Tuhan. Perkawinan adalah sebuah lembaga yang dibentuk Tuhan karena Ia sendiri yang memilih dan menyatukan pasangan. Meski misteri, yang jelas Tuhan memiliki rencana bagi setiap pasangan.

Mengandalkan diri sendiri dan logika manusia semata dalam membangun bahtera perkawinan bisa saja mendatangkan kekecewaan, kebosanan, kekeringan bahkan kehancuran karena zona mister itu begitu dalam dan luhur.

Maka libatkanlah Tuhan dalam perkawinan. Bangunlah komunikasi dengan dengan-Nya melalui doa-doa bersama. Itulah kekuatan yang mungkin tidak disadari tapi nyata membantu banyak pasangan untuk tetap setia meski berada dalam zona misteri.

P. Joseph Pati Mudaj, Msf

avatar
Lahir di desa Dahana Hiligodu, Kecamatan Namöhalu, Nias Utara, pada tanggal 31 Desember. Anak kedua dari lima bersaudara. Pada tahun 2016, menyelesaikan kuliah Jurusan Ilmu Pendidikan Teologi di Universitas Katolik Atma Jaya-Jakarta. Pernah menulis buku bersama Bernadus Barat Daya berjudul “MENGENAL TOKOH KATOLIK INDONESIA: Dari Pejuang Kemerdekaan, Pahlawan Nasional Hingga Pejabat Negara” (2017), Menulis buku berjudul "MENGENAL BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL SUKU NIAS" (2018). Saat ini menjadi Wartawan komodopos.com (2018-sekarang), kontributor website Media Dialogika Indonesia (Madilog.id), kontributor website Societasnews.id, Author JalaPress.com, dan mengajar di salah satu sekolah (2019-sekarang). Penulis dapat dihubungi melalui email: [email protected] atau melalui Facebook: Silvester Detianus Gea. Akun Kompasiana: https://www.kompasiana.com/silvesterdetianusgea8289