1.3 C
New York
Tuesday, January 26, 2021

Cyrillus Harinowo: Tokoh Ekonom Katolik yang Menginspirasi setiap Insan

Cyrillus Harinowo, seorang tokoh ekonom Katolik yang lahir di Yogyakarta pada hari 9 Februari 1953. Beliau mengenyam pendidikan SMA di Kolese De Britto, S1 jurusan Akuntansi di Universitas Gadjah Mada, S2 jurusan Ekonomi Pembangunan di Williams College, dan S3 jurusan Moneter dan Ekonomi Internasional di Vanderbilt University.

Tiga tahun setelah lulus S3, beliau menjabat sebagai Staf Menteri Perdagangan selama kurang lebih satu tahun dan mulai meniti kariernya dengan berkarya di Bank Indonesia sebagai Kepala Urusan Pasar Uang dan Giralisasi serta Urusan Operasi Pengendalian Moneter.

Selain berkarya di Bank Indonesia, beliau juga sempat menjadi Wakil Direktur Eksekutif dan Penasihat Bantuan Teknis dan Departemen Urusan Pertukaran di International Monetary Fund (IMF) serta menjadi salah satu delegasi dalam sidang Inter-Governmental Group on Indonesia (IGGI) dan Consultative Group for Indonesia (CGI), sidang tahunan IMF serta Bank Dunia. Pada tahun 2003, Pak Harinowo sempat bekerja di BCA sebagai Komisaris Independen, yang kemudian pada tahun 2004 hingga saat ini bekerja di PT Unilever Indonesia Tbk sebagai Komisaris Independen pula.

Tak hanya berkiprah sebagai direktur atau delegasi, beliau juga mengajar di beberapa universitas ternama serta menjadi pembicara dan penulis artikel di dalam dan di luar negeri melalui seminar, forum, maupun media massa. Selain itu, banyak buku yang sudah ditulis dan dipublikasikan oleh beliau, misalnya buku berjudul “Utang Pemerintah” yang diterbitkan pada tahun 2002, “IMF Penanganan Krisis & Indonesia Pasca-IMF” yang diterbitkan pada tahun 2004, dan “Musim Semi Perekonomian Indonesia” yang diterbitkan pada tahun 2005. Bahkan ketika masih berkarya di Bank Indonesia, beliau beserta beberapa banker menggelar berbagai kegiatan penggalangan dana untuk GOTAUS (Gerakan Orang Tua Asuh untuk Seminari).

Bapak Cyrillus Harinowo bersama dengan Dr. Frans Teguh, M.A. sempat menjadi pembicara dalam sebuah webinar bertajuk “Membangkitkan Desa Wisata di Era Baru”. Beliau berpikir bahwa pandemi covid-19 ini dapat memunculkan kesempatan bagi industri pariwisata di daerah untuk mengembangkan potensi yang ada.

Bagi saya, Pak Harinowo patut untuk dijadikan contoh positif bagi generasi penerus. Melalui karya dan kinerjanya, beliau dapat membuktikan bahwa seorang Katolik juga bisa menjadi inspirasi bagi semua orang yang ada di sekitar. Itulah yang membuat beliau selalu sukses dan akhirnya menjadi seorang ekonom yang penting di Indonesia. Sungguh sebuah perjalanan karir yang panjang dan menginspirasi setiap insan muda Indonesia untuk bersama-sama membangun Indonesia menjadi lebih baik dengan tetap berpegang pada Tuhan.

avatar
Cecilia Diva Kristyarini
Mahasiswa Semester Satu – Universitas Airlangga – Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Akuntansi.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Ikuti Kami

10,456FansLike
680FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Artikel Terkini