17.5 C
New York
Saturday, June 12, 2021

Paus Fransiskus pada Hari Bumi: “Saatnya Bertindak!”

Memperingati Hari Bumi ke-51 pada hari Kamis,22 April, Paus Fransiskus mengirimkan dua pesan video yang mengingatkan semua orang tentang pentingnya bekerja sama untuk melindungi planet kita.

Dalam pesan untuk para pemimpin KTT tentang iklim, Paus mengatakan prakarsa tersebut mengarahkan para pemimpin dunia menuju pertemuan COP26 yang akan berlangsung di Glasgow, Skotlandia, pada November 2021.

Dia mengatakan bahwa para pemimpin KTT perlu mendorong negara-negara untuk “bertanggung jawab atas pemeliharaan alam, pemberian yang telah kita terima ini dan yang harus kita sembuhkan, jaga, dan pelihara.”

“Perhatian kita adalah untuk melihat bahwa lingkungan lebih bersih, lebih murni, dan dilestarikan,” kata Paus, “dan untuk menjaga alam sehingga ia menjaga kita.”

Hari Bumi 2021

Dalam pesan video terpisah yang menandai Hari Bumi 2021, Paus Fransiskus melanjutkan dengan nada yang sama.

“Itu selalu baik untuk mengingat hal-hal yang telah kita katakan satu sama lain sehingga tidak akan terlupakan,” kata Paus. “Untuk beberapa waktu sekarang, kita menjadi lebih sadar bahwa alam layak untuk dilindungi, meskipun hanya karena interaksi manusia dengan keanekaragaman hayati Tuhan harus dijaga dengan sangat hati-hati dan hormat.”

Hari Bumi dirayakan setiap tanggal 22 April untuk menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan dan untuk mempromosikan tindakan positif dalam merawat rumah kita bersama. Tema tahun ini adalah “Pulihkan Bumi Kita”.

Pelajaran dari pandemi

Saat dunia terus mengambil tindakan untuk memerangi pandemi Covid-19, Paus Fransiskus menyoroti bahwa krisis telah menunjukkan kepada kita “apa yang terjadi ketika dunia berhenti,jeda, bahkan selama beberapa bulan.”

Dia mencatat dampak pandemi pada alam dan perubahan iklim, yang menunjukkan kepada kita semua bahwa alam global membutuhkan kehidupan kita di planet ini.

“Itu mempengaruhi kita semua dalam berbagai bentuk dan karenanya itu mengajarkan kita lebih banyak lagi tentang apa yang perlu kita lakukan untuk menciptakan planet yang adil, setara, dan aman bagi lingkungan,”kata Bapa Suci.

Lebih lanjut, “pandemi Covid mengajarkan kita saling ketergantungan ini, berbagi planet ini,” kata Paus, menambahkan bahwa bencana global – Covid-19 dan darurat iklim – menunjukkan kepada kita bahwa kita kehabisan waktu.

“Kita punya sarana, sekarang saatnya bertindak, kita berada di batasnya,” desaknya.

Perlu upaya bersama

Paus Fransiskus lebih jauh mengilustrasikan pentingnya mengambil tindakan untuk melindungi planet dengan mengingat pepatah Spanyol kuno: “Tuhan selalu mengampuni, manusia mengampuni dari waktu ke waktu, alam tidak lagi mengampuni.”

Dia menambahkan bahwa tantangan yang kita alami dengan pandemi, yang juga terwujud dalam perubahan iklim, harus mendorong kita menuju inovasi dan penemuan serta mencari jalan baru.

Dalam hal ini, “kita akan lebih tangguh ketika kita bekerja bersama daripada sendirian,”tegas Paus, seraya menambahkan bahwa masih ada waktu untuk bertindak meskipun sulit untuk menghentikan kerusakan alam jika sudah dipicu.

“Kita tidak keluar dari krisis dengan cara yang sama, kita keluar lebih baik atau lebih buruk,” katanya. “Inilah tantangannya, dan jika kita tidak tampil lebih baik, kita berada di jalur penghancuran diri.”

Banding kepada pihak berwenang

Mengakhiri pesannya, Paus Fransiskus meminta para pemimpin dunia untuk bertindak dengan berani dan adil dan untuk selalu mengatakan kebenaran kepada orang-orang, sehingga mereka tahu bagaimana melindungi diri mereka sendiri dan planet ini dari kehancuran yang kita sebabkan.***

Artikel ini diterjemahkan dari Pope on Earth Day: “It is time to act!” – Vatican News

RP Lorens Gafur, SMM
Imam Misionaris Serikat Maria Montfortan (SMM). Ditahbiskan menjadi imam pada tanggal 17 Juni 2016 di Novisiat SMM - Ruteng - Flores - NTT. Alumnus Sekolah Tinggi Filsafat Teologi, Widya Sasana - Malang - Jawa Timur.

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ikuti Kami

10,700FansLike
680FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Artikel Terkini