1.3 C
New York
Monday, February 26, 2024

Penolong yang Setia – Renungan Pekan I Prapaskah

Penolong yang Setia: Renungan Pekan I Prapaskah, 02 Maret 2023 — JalaPress.com; Bacaan I: T. Est. 4:10a.10c-12.17-19; Injil: Mat. 7:7-12

Setiap orang pasti pernah mengalami situasi krisis atau ambang batas entah karena sakit, umur yang semakin tua dan kekurangan manusiawi, entah juga karena fitnah dari orang-orang yang rasa iri dan benci terhadap diri kita. Ratu Ester mengalami situasi ambang batas ini karena ia sendirian menghadapi mereka yang membencinya. Dalam situasi ini, bagi ratu Ester, Allah adalah satu-satunya penolong yang setia. Karena kepercayaan inilah maka ratu Ester berdoa dan memohon kepada Allah agar Allah menolongnya dengan memberikan keberanian, kata-kata yang bijak dalam mulutnya sehingga ia mampu melawan mereka.

Yesus juga menegaskan hal yang sama bahwa Allah adalah satu-satunya penolong bagi manusia. Allah adalah pintu kehidupan dan pertolongan yang dapat diketuk setiap saat; Dia adalah tempat kita meminta dan juga tempat kita mencari pertolongan.  Dia adalah Bapa yang baik hati dan menghendaki agar anak-anak-Nya tidak hidup dalam kekurangan. Dia juga menghendaki agar kita anak-anak-Nya hidup dengan baik dan benar di hadapan-Nya juga saling menolong satu sama lain. Oleh karena itu, mencari, meminta dan mengetuk pada Allah Sang Penolong sejati harus diimbangi dengan cinta yang universal kepada semua orang lewat semangat berbagi.

Marilah kita tetap pasrah pada Allah karena Dia adalah penolong satu-satunya dan kita pun harus rela berbagi kasih sesama. Semoga doa Keluarga Kudus Nazareth membantu kita. Tuhan memberkati kita semua. Amin.

(P. A. L. Tereng MSF)
Dagur – Mu-Sa-Fir

avatar
RP. Ambrosius Labaruing, MSF
Penulis adalah imam misionaris MSF yang saat ini berkarya sebagai Pastor Paroki di Paroki Bunda Maria Banjarbaru, Keuskupan Banjarmasin.

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ikuti Kami

10,700FansLike
680FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Artikel Terkini