26.9 C
New York
Wednesday, May 29, 2024

Puasa, Berjuang untuk menjadi Kudus – Renungan Pekan I Prapaskah

Puasa, Berjuang untuk menjadi Kudus: Renungan Pekan I Prapaskah, 27 Februari 2023 — JalaPress.com; Bacaan I: Im. 19:1-2.11-18; Injil: Mat. 25:31-46

[postingan number=3 tag= ‘prapaskah’]

Setiap orang dipanggil oleh Allah untuk menjadi kudus. Panggilan kekudusan ini merupakan ‘jalan kecil dan sempit’ yang memerlukan perjuangan dan pengorbanan dari setiap orang. Hal ini disampaikan oleh Musa kepada segenap bangsa Israel. Mereka diminta untuk menempuh jalan kekudusan dengan taat melaksanakan perintah-perintah Allah yang telah disarikan dalam sepuluh perintah Allah.

Panggilan kepada kekudusan juga ditegaskan oleh Yesus dalam Injil hari ini. Bagi Yesus, untuk mencapai kekudusan maka setiap murid-Nya harus melakukan perbuatan cinta kasih kepada setiap orang yang membutuhkan pertolongan dari kita. Sebagai contohnya, Yesus mengatakan: “Ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu merawat Aku; ketika Aku dalam penjara, kamu mengunjungi Aku”.

Inilah contoh perbuatan kasih yang harus kita lakukan di masa prapaskah ini agar puasa dan pantang kita berkenan pada Allah. Selain itu, dengan tindakan kasih yang kita lakukan, pada akhirnya, kita dapat menerima kerajaan yang disediakan oleh Allah bagi kita. Sanggupkah kita menempuh jalan kekudusan ini? Semoga doa Keluarga Kudus Nazareth membantu kita. Tuhan memberkati kita semua. Amin.

(P. A. L. Tereng MSF)
Gerimis – Mu-Sa-Fir

avatar
RP. Ambrosius Labaruing, MSF
Penulis adalah imam misionaris MSF yang saat ini berkarya sebagai Pastor Paroki di Paroki Bunda Maria Banjarbaru, Keuskupan Banjarmasin.

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ikuti Kami

10,700FansLike
680FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Artikel Terkini