1.3 C
New York
Monday, February 26, 2024

Puasa, Hujani Dunia dengan Doa – Renungan Pekan I Prapaskah

Puasa, Hujani Dunia dengan Doa: Renungan Pekan I Prapaskah, 28 Februari 2023 — JalaPress.com; Bacaan I: Yes. 55:10-11; Injil: Mat. 6:7-15

Musim hujan adalah sukacita bagi bumi karena dengan titik-titik air hujan yang membasahi bumi, maka bumi akan berseri dengan menumbuhkan berbagai tanaman. Musim hujan juga menjadi sukacita bagi para petani dan juga sukacita bagi anak-anak desa yang riuh bermain di tengah hujan. Hujan yang membasahi bumi, ibarat Sabda Allah yang ditaburkan dalam hati setiap manusia. Sabda itu meresapi dan menguasai seluruh diri dan hidup manusia, sehingga manusia memiliki kesegaran dan sukacita dalam hidup. Melalui Sabda Allah inilah, manusia belajar untuk berdoa dengan tulus.

Kristus, Sang Sabda Ilahi mengajarkan kepada kita doa Bapa Kami sebagai contoh setiap doa. Doa ini adalah doa yang indah, sederhana dan sempurna serta harus menjadi dasar bagi doa-doa pribadi kita. Yesus Sang Sabda Ilahi mengawali doa-Nya dengan menyapa Allah sebagai ‘Bapa kami’. Yesus mau memastikan bahwa jika kita terbuka terhadap Dia Sang Sabda Allah maka kita akan memiliki Bapa yang sama, yang kekal dan kuasa, yang merangkum semua orang tanpa perbedaan menjadi satu keluarga Ilahi.

Dengan menerima Bapa yang satu dan sama, maka kita pun menjadi saudara-saudari satu sama lain. Karena kita adalah saudara-saudari maka kita harus saling mendoakan; kita harus menghujani bumi dengan doa-doa kita yang mengalir dari ketulusan hari kita, agar bumi kita dapat berseri dalam damai. Apakah setiap hari kita jatuhkan setitik doa untuk bumi kita ini? Apakah kita sudah hadir sebagai saudara bagi sesama? Marilah di masa prapaskah ini, kita berbenah diri, perbanyak doa, dan hadir sebagai saudara bagi orang lain. Semoga doa Keluarga Kudus Nazareth membantu kita. Tuhan memberkati kita semua. Amin.

(P. A. L. Tereng MSF)
Hujan – Mu-Sa-Fir

avatar
RP. Ambrosius Labaruing, MSF
Penulis adalah imam misionaris MSF yang saat ini berkarya sebagai Pastor Paroki di Paroki Bunda Maria Banjarbaru, Keuskupan Banjarmasin.

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ikuti Kami

10,700FansLike
680FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Artikel Terkini