18.1 C
New York
Saturday, July 31, 2021

Tahun “Keluarga Amoris Laetitia”: Yang perlu diketahui oleh Umat Katolik

Pada akhir Desember 2020, Paus Fransiskus mengumumkan bahwa pada 19 Maret 2021, Gereja Katolik akan memulai tahun khusus yang didedikasikan untuk memperdalam jangkauan pastoral keluarga, berdasarkan nasihat apostolik “Amoris Laetitia” yang dikeluarkan tahun 2016.

Berikut penjelasan Catholic News Agency (CNA) tentang segala hal yang perlu Anda ketahui tentang apa yang disebut Tahun Keluarga “Amoris Laetitia.”

1. Kapan tahun ini dirayakan?

Tahun Keluarga “Amoris Laetitia” dimulai pada 19 Maret, Hari Raya St Yosef, karena pada hari itulah Paus Fransiskus menandatangani seruan apostolik pasca-sinode “Amoris Laetitia”. Seruan bertema cinta dalam keluarga itu dirilis sekitar tiga minggu kemudian.Tahun 2021 adalah ulang tahun kelima publikasi “Amoris Laetitia”.

Meski disebut “tahun”, perayaan Amoris Laetitia sebenarnya akan berlangsung sekitar 15 bulan, berakhir pada 26 Juni 2022, dengan edisi ke-10 ‘Pertemuan Keluarga Sedunia’ di Roma.

2. Tentang apa tahun itu?

Paus Fransiskus mengatakan “ini akan menjadi tahun refleksi tentang Amoris Laetitia dan ini akan menjadi kesempatan untuk lebih fokus pada isi dokumen.”

Amoris Laetitia (Sukacita Kasih) ditulis setelah dua Sinode Para Uskup yang didedikasikan untuk keluarga. Ini adalah salah satu dokumen terpanjang dalam sejarah kepausan, terdiri dari pendahuluan dan sembilan bab, yang merefleksikan tantangan dalam pernikahan dan kehidupan keluarga.

Dikasteri untuk Kaum Awam, Keluarga, dan Kehidupan, dipimpin oleh Kardinal Kevin Farrell, mengoordinasikan inisiatif Vatikan untuk tahun istimewa tersebut.

Kardinal Farrell mengatakan bahwa tahun ini telah diatur karena ada banyak pasangan dan keluarga di seluruh dunia yang mengalami krisis, mengalami kemiskinan, atau merasa sendirian, dan mereka “membutuhkan perhatian pastoral.”

“Banyak keluarga perlu dibantu untuk menemukan dalam penderitaan hidup tempat kehadiran Kristus dan belas kasih-Nya,” katanya. “Karenanya, tahun ini adalah kesempatan untuk menjangkau keluarga, untuk tidak membuat mereka merasa sendirian dalam menghadapi kesulitan, berjalan bersama mereka, mendengarkan mereka dan melakukan inisiatif pastoral yang membantu mereka memupuk cinta sehari-hari. ”

3. Saya bingung, saya pikir ini adalah Tahun St. Yosef?

Ya, ini juga Tahun St. Yosef, yang dimulai pada 8 Desember 2020, Pesta Maria Dikandung Tanpa Noda, dan akan berakhir pada 8 Desember 2021.

Dalam konferensi pers tentang Tahun Amoris Laetitia, Farrel berkata “merupakan suatu berkat bahwa Bapa Suci mendedikasikan tahun ini kepada St. Joseph, suami dan bapa, yang begitu dikasihi sehingga dia dipilih oleh Allah untuk merawat Keluarga Kudus.”

“Pandemi telah menimbulkan akibat yang sangat menyakitkan bagi jutaan orang. Tetapi keluarga itu sendiri, meskipun terpukul keras dalam banyak hal, sekali lagi menunjukkan wajahnya sebagai ‘penjaga kehidupan’, seperti halnya St. Yosef. Keluarga selamanya tetap menjadi ‘penjaga’ dari hubungan kita yang paling otentik dan asli, yang lahir dalam cinta dan membuat kita dewasa sebagai manusia,” katanya.

4. Apakah ada sesuatu yang istimewa yang terjadi pada tahun keluarga ini?

Dikasteri untuk Kaum Awam, Keluarga, dan Kehidupan mengoordinasikan banyak inisiatif berbeda untuk Tahun Keluarga Amoris Laetitia, dimulai dengan webinar pada 19 Maret yang didedikasikan untuk refleksi pastoral dan teologis tentang keluarga. Pembukaan webinar juga akan menyertakan pesan video dari Paus Fransiskus.

Dikasteri mengumumkan bahwa mereka juga akan mengatur “prakarsa spiritual, pastoral, dan budaya” lainnya, termasuk proyek video dengan Paus Fransiskus di setiap bab Amoris laetitia.

“Paus Fransiskus bermaksud untuk berbicara kepada semua komunitas gerejawi di seluruh dunia, mendorong setiap orang untuk menjadi saksi cinta keluarga.”

Kantor Vatikan akan berbagi sumber dengan keuskupan, paroki, dan kelompok Gereja lainnya serta asosiasi keluarga mengenai tema yang berkaitan dengan pernikahan dan kehidupan keluarga, seperti kerohanian keluarga, persiapan pernikahan, dan kekudusan bagi pasangan yang menikah.

Ia juga berencana mengadakan simposium akademik internasional untuk mengkaji berbagai aspek Amoris Laetitia secara mendalam.

5. Di mana saya dapat memperoleh informasi lebih lanjut?

Dicasteri telah membuat halaman web untuk tahun ini di www.amorislaetitia.va, di mana informasi lebih lanjut tentang acara dapat ditemukan. Anda juga dapat membaca Catholic News Agency (CNA) untuk semua pembaruan terkini.***

 

Artikel ini diterjemahkan dari Amoris Laetitia Family Year: What Every Catholic Needs to Know (catholicnewsagency.com)

RP Lorens Gafur, SMM
Imam Misionaris Serikat Maria Montfortan (SMM). Ditahbiskan menjadi imam pada tanggal 17 Juni 2016 di Novisiat SMM - Ruteng - Flores - NTT. Alumnus Sekolah Tinggi Filsafat Teologi, Widya Sasana - Malang - Jawa Timur.

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ikuti Kami

10,700FansLike
680FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Artikel Terkini