Berita Duka: Uskup Padang, Mgr. Martinus Situmorang Meninggal Dunia

0
4167
Mgr Martinus DogmaSitumorang-OFMCap/Dok. HIDUP

Beberapa waktu lalu, Uskup Padang Mgr. Martinus Dogma Situmorang OFM Cap dikabarkan dirawat di ruang ICU Rumah Sakit Boromeus, Bandung (Jumat, 8/11/2019).

Menurut Uskup Agung Medan, Mgr. Kornelius Sipayung, OFM Cap, sejak mengikuti Sidang Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), di Bumi Asih, Bandung, Jawa Barat (Senin, 4/11/2019), Uskup Padang Mgr. Martinus Dogma Situmorang, OFM Cap sudah terlihat lelah dan wajahnya bengkak.

“Dua hari lalu harus dibawa ke rumah sakit dan tadi sore masuk ke ruang ICU. Kondisinya lemah, badan bengkak dan sesak nafas. Saya baru saja melayankan sakramen pengurapan orang sakit kepada beliau, yang dihadiri oleh Mgr. Yohanes Harun, Mgr. Sudarso dan beberapa keluarga,” kata Mgr. Kornelius.

Setelah beberapa hari, kondisinya semakin memburuk dan pada akhirnya Mgr. Martinus Dogma Situmorang menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 21.40 WIB di Rumah Sakit Boromeus, Bandung.

Adapun informasi yang sama diterima dari Vikjen Keuskupan Padang, Pastor Alex I. Suwandi. Pastor Alex membenarkan informasi tersebut. Ia memohon doa bagi almarhum Mgr. Martinus Dogma Situmorang.

Selain itu, Uskup Agung Medan, Mgr. Kornelius juga membenarkan bahwa Uskup Padang Mgr. Martinus D. Situmorang telah meninggal dunia. Belum dibuat informasi resmi oleh Keuskupan Padang, namun berita itu benar,” kata dia.*

avatar
Lahir di desa Dahana Hiligodu, Kecamatan Namöhalu, Nias Utara, pada tanggal 31 Desember. Anak kedua dari lima bersaudara. Pada tahun 2016, menyelesaikan kuliah Jurusan Ilmu Pendidikan Teologi di Universitas Katolik Atma Jaya-Jakarta. Pernah menulis buku bersama Bernadus Barat Daya berjudul “MENGENAL TOKOH KATOLIK INDONESIA: Dari Pejuang Kemerdekaan, Pahlawan Nasional Hingga Pejabat Negara” (2017), Menulis buku berjudul "MENGENAL BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL SUKU NIAS" (2018). Saat ini menjadi Wartawan komodopos.com (2018-sekarang), kontributor website Media Dialogika Indonesia (Madilog.id), kontributor website Societasnews.id, Author JalaPress.com, dan mengajar di salah satu sekolah (2019-sekarang). Penulis dapat dihubungi melalui email: detianus.634@gmail.com atau melalui Facebook: Silvester Detianus Gea. Akun Kompasiana: https://www.kompasiana.com/silvesterdetianusgea8289