1.3 C
New York
Monday, February 26, 2024

Jadilah Orang Pilihan Allah – Renungan Minggu Biasa IV

Jadilah Orang Pilihan Allah: Renungan Minggu Biasa IV, 29 Januari 2023 — JalaPress.com; Bacaan I: Zef. 2:3; 3:12-13; Bacaan II: 1Kor. 1:26-31; Injil: Mat. 5:1-22a

Situasi dunia semakin dikuasai oleh berbagai macam hal yang akhirnya mengarahkan manusia untuk saling membenci, berebut kekuasaan, berlomba mengumpulkan harta bahkan mengorbankan sesama. Hari ini, Kabar Gembira dari Tuhan mengajak kita untuk berusaha menjadi orang pilihan Allah. Bagaimana caranya?

Pertama, ‘rendah hati dan lemah lembut di hadapan Allah.’ Dengan sikap ini, kita semua akan selalu tunduk pada kehendak Allah dan melaksanakannya dalam hidup. Kedua, ‘menjadi pembawa damai bagi semua orang.’ Dengan membawa damai, kita mampu membangun persekutuan hidup dengan sesama seperti yang dinubuatkan oleh nabi Zefanya: “Mereka akan seperti domba yang makan rumput dan berbaring tanpa ada yang mengganggunya.” Ketiga, ‘memiliki semangat miskin.’ Orang yang memiliki semangat miskin adalah orang yang senantiasa mengandalkan Allah. Ia juga dengan rela berbagi segala sesuatu yang ia punya dengan penuh sukacita. Dengan begitu, sukacitanya menjadi penuh di dalam Allah.

Tiga sikap dan keutamaan di atas harus ada dalam diri kita sebagai orang Katolik yang adalah orang-orang pilihan Allah. Mengapa? Karena dengan tiga sikap di atas kita mampu mengalahkan kesombongan dunia yang selalu mengandalkan kekayaan. Kita juga mampu mempermalukan dunia yang angkuh dalam kekuasaan duniawi. Marilah kita tetap hidup sebagai orang-orang pilihan Allah sehingga dunia ini menjadi tempat yang membawa kebahagiaan bagi semua orang. Semoga doa Keluarga Kudus Nazareth membantu kita. Tuhan memberkati kita semua. Amin.

(P. A. L. Tereng MSF)
Idaman – Mu-Sa-Fir

avatar
RP. Ambrosius Labaruing, MSF
Penulis adalah imam misionaris MSF yang saat ini berkarya sebagai Pastor Paroki di Paroki Bunda Maria Banjarbaru, Keuskupan Banjarmasin.

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ikuti Kami

10,700FansLike
680FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Artikel Terkini