OMK Citeureup Tridente Adakan Baksos

0
78

Aliansi Orang Muda Katolik (OMK) Citeureup Tridente mengadakan bakti sosial pembagian sembako terhadap umat katolik di Kecamatan Citeureup yang membutuhkan bantuan. Bakti sosial ini dilaksanakan karena adanya dampak ekonomi akibat pandemi COVID-19. OMK Citeureup Tridente yang terdiri dari tiga wilayah di Paroki Keluarga Kudus Cibinong (PKKC) mengkoordinir bantuan dari umat. Bantuan ini diselenggarakan untuk menjangkau kelompok umat yang tidak tersentuh bantuan sosial.

Koordinator baksos, Padro mengatakan, bakti sosial ini adalah wujud perhatian dan gotong royong sesama umat katolik di Citeureup. ”Konsep baksos ini adalah umat bantu umat, artinya gerakan ini berlandaskan konsep gotong royong dan OMK hadir menginisiasi gotong royong ini,” ungkap Padro.

Bakti sosial ini menggandeng banyak pihak untuk terlibat seperti para ketua wilayah dan lingkungan, para donatur, dan tentunya para OMK dari tiga wilayah yakni wilayah sto. Simon, wilayah sto. Gerardus Sagredo, dan wilayah sto. Stefanus di wilayah pastoral PKKC.
Kegiatan ini mendapat respon positif dari umat, indikatornya adalah banyaknya jumlah donasi yang masuk. Donasi tersebut dikelola dan dibagikan berupa sembako yang terdiri dari masker, beras, dan kebutuhan pokok lainnya.

Baca Juga:

Sebagian paket sembako lainnya dibagikan kepada masyarakat Citeureup yang terdampak banjir. “Bantuan ini dari umat untuk umat, tapi disisi lain ada pihak yang juga membutuhkan bantuan, kami berikan sebagian bantuan untuk masyarakat Citeureup, kan kata Tuhan kasihilah sesamamu manusia”, guyon Padro.

Padro juga menyampaikan bahwa ada rencana tindak lanjut yakni penyerahan bantuan jilid 2 bagi umat yang belum mendapatkan bantuan. “Nah soal ini, kami akan pakai sisa dana yang ada untuk bantuan jilid 2, mungkin tidak banyak, buat yang belum saja”, jelas Padro (Senin, 18/5/2020) [JD)

avatar
Lahir di desa Dahana Hiligodu, Kecamatan Namöhalu, Nias Utara, pada tanggal 31 Desember. Anak kedua dari lima bersaudara. Pada tahun 2016, menyelesaikan kuliah Jurusan Ilmu Pendidikan Teologi di Universitas Katolik Atma Jaya-Jakarta. Pernah menulis buku bersama Bernadus Barat Daya berjudul “MENGENAL TOKOH KATOLIK INDONESIA: Dari Pejuang Kemerdekaan, Pahlawan Nasional Hingga Pejabat Negara” (2017), Menulis buku berjudul "MENGENAL BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL SUKU NIAS" (2018). Saat ini menjadi Wartawan komodopos.com (2018-sekarang), kontributor website Media Dialogika Indonesia (Madilog.id), kontributor website Societasnews.id, Author JalaPress.com, dan mengajar di salah satu sekolah (2019-sekarang). Penulis dapat dihubungi melalui email: detianus.634@gmail.com atau melalui Facebook: Silvester Detianus Gea. Akun Kompasiana: https://www.kompasiana.com/silvesterdetianusgea8289