2.8 C
New York
Saturday, November 27, 2021

Vicarius Filii Dei. Gelar Siapa?

Dasar Ayat Para Penuduh (Terjemahan LAI)

Wahyu 13:18, Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam (666).

Dalam bahasa Inggris terjemahan The Gideons International

Bilangan seorang manusia disebut  the number of a man. Sementara yang selalu dipakai untuk menuduh adalah gelar. Dan dalam bahasa Inggris gelar disebut Title. Maka jika tuduhan mereka benar seharusnya ayat itu menyebut the title of a man.

Bantahan Sederhana

Wahyu 13:18 berbicara tentang Bilangan Seorang Manusia bukan bilangan Gelar seorang manusia. Karena selama ini kata VICARIUS FILII DEI itu gelar bukan bilangan/sebutan nama seorang manusia. Perikop 13:11-18 berbicara tentang penganiayaan jemaat yang dilakukan oleh Nero dan kaisar-kaisar lainnya yang terjddi pada masa Rasul Yohanes.

Baca Juga:

Gelar Paus Menurut Dokumen Tu es Petrus

His Holiness the Pope, Bishop of Rome, Vicar of Jesus Christ, Successor of St. Peter, Prince of the Apostles, Supreme Pontiff of the Universal Church, Patriarch of the West, Servant of the Servants of God, Primate of Italy, Archbishop and Metropolitan of the Roman Province dan Sovereign of Vatican City State.

Siapakah 666?

Pertama, Kaisar Nero. NRWN QSR. Nun=50, Resh =200, Waw =6, Qoph =100, Samech =60 sehingga berjumlah 666. Sehingga angka 666 lebih tepat mengacu kepada Kaisar Nero.

Kedua, Ellen Gould White, pendiri Seventh-Day Adventism. Ellen=100, Gould=555, White=11 sehinga jumlahnya 666. Secara logis inilah bilangan manusia (nama) yang tepat dengan Wahyu 13:18 dan bukan gelar manusia. Jika masih ngotot menuduh Paus. Maka Paus tidak bergelar Vicarius Filii Dei, tetapi Vicarius Christi yang jumlahnya hanya 214.

Kriteria Antikristus Menurut Kitab Suci

Pertama, mereka yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus. Kedua, menyangkal Bapa dan Anak dan menyangkal bahwa Yesus pernah datang sebagai manusia (bdk. 1 Yoh. 2:22-27). Terlebih perikop yang sama menyebut ada banyak antikristus bukan hanya satu. Jika dilihat dari ciri-ciri tersebut, maka Katolik tidak termasuk. Katolik mengimani Allah Tritunggal Maha Kudus, Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Dan mengakui bahwa Yesus datang sebagai manusia dan hari kelahirannya dirayakan setiap 25 Desember.

Referensi

  1. https://jalapress.com/benarkah-paus-anti-kristus/
  2. https://www.katolisitas.org/tentang-666/
  3. Silahkan ikuti channel pendiri katolisitas.org: https://www.youtube.com/c/katolisitastv/featured

 

 

avatar
Silvester Detianus Geahttps://www.ziarahnews.com/
Lahir di desa Dahana Hiligodu, Kecamatan Namöhalu, Nias Utara, pada tanggal 31 Desember. Anak kedua dari lima bersaudara. Pada tahun 2016, menyelesaikan kuliah Jurusan Ilmu Pendidikan Teologi di Universitas Katolik Atma Jaya-Jakarta. Pernah menulis buku bersama Bernadus Barat Daya berjudul “MENGENAL TOKOH KATOLIK INDONESIA: Dari Pejuang Kemerdekaan, Pahlawan Nasional Hingga Pejabat Negara” (2017), Menulis buku berjudul "MENGENAL BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL SUKU NIAS" (2018). Ikut menulis dalam buku bunga rampai "Ibuku Surgaku" (2020), buku bunga rampai "Ayahku Jagoanku" (2021). Saat ini menjadi Wartawan komodopos.com (2018-sekarang), kontributor website Media Dialogika Indonesia (Madilog.id), kontributor website Societasnews.id, Author JalaPress.com, dan mengajar di salah satu sekolah (2019-sekarang). Penulis dapat dihubungi melalui email: detianus.634@gmail.com atau melalui Facebook: Silvester Detianus Gea. Akun Kompasiana: https://www.kompasiana.com/degeasofficial1465

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
avatar
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ikuti Kami

10,700FansLike
680FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Artikel Terkini