27.8 C
New York
Saturday, July 13, 2024

Yesus, Anak Daud, Kasihanilah Aku – Renungan PW. Santo Yustinus, Martir

Yesus, Anak Daud, Kasihanilah Aku: Renungan PW. Santo Yustinus Martir, 01 Juni 2023 — JalaPress.com; Bacaan I: Sir. 42:15-25; Injil: Mrk. 10:46-52

‘Kasihanilah’ adalah seruan yang sering kali kita ucapkan atau kita nyanyikan dalam perayaan Ekaristi lewat lagu Tuhan Kasihanilah kami (Kyrie eleison). Ini adalah seruan untuk memohon kerahiman dan Belas kasih Tuhan Yesus Kristus.

Seruan ini juga diserukan oleh Bartimeus. Ia memohon agar Yesus menyembuhkan dia agar ia mampu melihat. Seruannya didengarkan dikabulkan oleh Yesus. Lalu bagaiman dengan kita?

Kita pun kadang tidak mampu melihat kebaikan dan kebesaran Allah walaupun alam semesta telah menceritakan kebesaran Allah. Ini menunjukkan bahwa kita kadang buta dalam iman. Namun kita bersyukur karena Santo Yustinus Martir memberikan teladan iman dalam deritanya dengan berseru: “Meskipun dibunuh dengan pedang ataupun disiksa dengan belenggu dan api, kami tidak akan murtad dari iman kami.”

Marilah kita tetap memuji Tuhan dan memohon belas kasih-Nya lewat seruan ‘Kyrie eleison … Christe elesison’, sehingga mata hati kita dapat terbuka untuk melihat kebesaran kasih-Nya bagi dunia. Semoga doa Keluarga Kudus Nazareth membantu kita. Tuhan memberkati kita semua. Amin.

(P. A. L. Tereng MSF)
Nam’ma – Mu-Sa-Fir

avatar
RP. Ambrosius Labaruing, MSF
Penulis adalah imam misionaris MSF yang saat ini berkarya sebagai Pastor Paroki di Paroki Bunda Maria Banjarbaru, Keuskupan Banjarmasin.

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ikuti Kami

10,700FansLike
680FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Artikel Terkini