26.7 C
New York
Wednesday, May 29, 2024

Yesus, Imam Agung yang Berbelas Kasih – Renungan Hari Pertama Pekan Doa Sedunia

Yesus, Imam Agung yang Berbelas Kasih: Renungan Hari Pertama Pekan Doa Sedunia, 18 Januari 2023 — JalaPress.com; Bacaan I: Ibr. 7:1-3.15-17; Injil: Mrk. 3:1-6

Hidup manusia diatur dengan aturan, baik lisan maupun tertulis. Aturan-aturan ini bertujuan untuk membuat manusia saling menghargai satu sama lain sehingga kehidupan manusia menjadi lebih harmonis dan damai. Aturan yang ada juga bertujuan untuk membebaskan bukan membelenggu. Maka seharusnya setiap aturan yang dibuat harus berdasarkan cinta dan belaskasih.

Dalam bacaan-bacaan hari ini, Yesus tampil sebagai Imam Agung yang Berbelas kasih. Mengapa? Pertama, ‘Yesus adalah imam menurut tata Imamat Melkisedek.’ Ia sebagai imam bukan berdasarkan aturan-aturan manusia tetapi berdasarkan hidup yang tidak dapat binasa. Maka, Ia menawarkan kehidupan kekal kepada siapa saja yang percaya kepada-Nya. Ini menunjukkan belas kasih Allah bagi manusia karena Allah tidak mau manusia binasa. Maka, Yesus hadir sebagai imam yang membawa damai sejahtera Allah bagi manusia.

Kedua, ‘Yesus menunjukkan telada belas kasih-Nya kepada manusia.’ Teladan ini Dia berikan kepada seorang yang mati sebelah tangannya. Bagi Yesus, aturan hari Sabat memang penting tetapi lebih penting lagi adalah berbuat baik dan menyelamatkan nyawa orang. Maka, Yesus menunjukkan keberpihakkan-Nya kepada orang sakit walaupun hal ini dilakukan pada hari Sabat.

Bagaimana dengan saya? Apakah saya juga sudah membawa damai sejahtera bagi sesama? Apakah saya sudah berpihak pada sesama lewat tindakan belas kasih? Kita pun diutus untuk menghadirkan belas kasih Allah bagi sesama. Marilah kita saling menghargai dan menghormati karena dengan itu kita memanusiakan sesama kita. Semoga doa Keluarga Kudus Nazareth membantu kita. Tuhan memberkati kita. Amin.

(P. A. L. Tereng MSF)
Lopo – Mu-Sa-Fir

avatar
RP. Ambrosius Labaruing, MSF
Penulis adalah imam misionaris MSF yang saat ini berkarya sebagai Pastor Paroki di Paroki Bunda Maria Banjarbaru, Keuskupan Banjarmasin.

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ikuti Kami

10,700FansLike
680FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Artikel Terkini